News Update :
Home » » Tendangan Sudut (Corner Kick) Sepakbola

Tendangan Sudut (Corner Kick) Sepakbola

Tendangan sudut (corner kick) adalah tendangan yang dilakukan di sudut lapangan.
Setelah mengetahui arti tendangan penalti, berikutnya yang juga harus dipahami oleh kita semua sebagai penggemar sepakbola adalah "tendangan sudut (corner kick)". Berikut di bawah ini adalah penjelasan atau pengertian dari tendangan sudut atau sepak pojok.

Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan sudut kadang disebut juga "sepak pojok" atau "tendangan penjuru". Mengapa disebut demikian? Tak lain karena memang bola disepak pas di sudut lapangan sepakbola. Disebut tendangan pojok karena memang di pojok atau penjuru. Ibarat membangun rumah maka sudut rumah disebut penjuru rumah.

Tendangan sudut atau sepak pojok dilakukan oleh tim lawan jika ada salah satu pemain - termasuk kiper) mengeluarkan bola melewati garis batas gawang. Entah itu bola melambung ke atas seperti ditangkis kiper atau bola menggelinding biasa hingga keluar lapangan. Biasanya yang akan menentukan sebuah tendang pojok adalah wasit termasuk hakim garis.
Hakim garis akan mengibarkan bendera seraya menunjuk ke sudut lapangan jika terjadi tendangan sudut. Dan di tiap-tiap sudut lapangan kedua tim akan selalu tertancap bendera seperti foto di atas.
Hakim garis akan mengibarkan bendera seraya menunjukkannya ke arah sudut lapangan ketika terjadi tendangan pojok. Mengenai sebelah kanan atau kiri pojok lapangan yang akan dipergunakan untuk tendangan sudut ini tergantung arah bola tersebut ketika keluar melewati garis gawang. Kalau bola keluar ke sebelah kanan maka sepak pojok dari sebelah kanan. Jika bola keluar ke sebelah kiri maka sepak pojok dari arah kiri.

Tendangan Sudut Sering Menciptakan Gol

Tendangan sudut seringkali menciptakan gol dan merupakan peluang yang bagus buat setiap tim untuk mencetak angka. Mengapa merupakan peluang bagus? Karena bola bisa diarahkan tepat di area gawang sehingga tinggal disundul sudah masuk. Apalagi ketika banyak pemain saling berlarian mencari celah. Dalam dunia betting sepakbola, tendangan sudut juga dimainkan yakni di partai spesial. Menebak berapa kali tendangan sudut tercipta baik di babak pertama atau babak full time.
Salah satu adegan tendangan sudut yang dilakukan oleh mantan kapten Inggris (David Beckham). Banyak gol tercipta oleh tendangan yang bagus di setiap laga.



Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website, | Powered by Blogger