News Update :
Home » » Lemparan Bola (Throw in) di Sepakbola

Lemparan Bola (Throw in) di Sepakbola

Seorang pemain sedang melakukan lemparan throw in di liga Inggris.
Masih ada satu lagi istilah yang perlu kita pahami yakni "lemparan bola" alias "throw in". Apa maksud dan arti dari lemparan bola ini dan bagaimana dilakukan? Berikut penjelasan dari tim prediksi bola profesional.


Lemparan bola (throw in) adalah lemparan yang dilakukan oleh salah satu pemain ketika bola sudah keluar lapangan dan melewati garis di samping kanan kiri lapangan. Ingat: bola harus keluar lapangan di samping kanan kiri garis. Kalau keluarnya di garis belakang gawang maka bisa saja tendangan sudut atau tendangan gawang.

Siapa yang berhak melempar bola? Yang berhak melempar bola adalah tim yang tidak menyentuh bola tersebut ketika bola keluar lapangan. Pada saat bola tersebut keluar lapangan, hakim garis (linesman) akan mengibarkan bendera pertanda bola sudah keluar lapangan sekaligus menunjukkan arah ke mana bola akan dilempar. Tim yang tidak menyentuh bola yang berhak melempar bola. 

Lemparan throw in dilakukan di titik di mana bola tersebut keluar lapangan. Ada kalanya seorang pemain yang melempar bola bergeser beberapa kaki dari titik bola keluar lapangan dan ini bukanlah masalah asal tidak terlalu jauh. Jika terlalu jauh, wasit akan meniupkan pluit terjadi pelanggaran dan lemparan bola akan diberikan kepada tim lawan.

Ada beberapa aturan mengenai lemparan throw in ini. Beberapa di antaranya adalah:
  • Pada waktu melempar bola, kaki dari si pemain (pelempar bola) tidak boleh melewati garis lapangan.
  • Pada waktu lemparan bola, pemain lawan tidak boleh berdiri terlalu dekat. Jaraknya minimal kurang lebih 2 meter.
  • Bola tidak boleh sengaja dilemparkan ke muka pemain baik tim sendiri atau tim lawan, apalagi jika dilempar sedemikian keras. Jika kesengajaan ini dilakukan maka si pelempar bola akan menerima sanksi kartu merah bahkan skorsing pertandingan.
  • Throw in tidak boleh langsung dilempar ke gawang untuk menciptakan gol. Jika langsung dilempar ke gawang lalu tercipta gol tanpa tersentuh seorang pemain, maka gol tersebut tidak dihitung. Lagian terlalu jauh juga bagaimana bisa dilempar sampai ke gawang?
  • Throw in tidak mengenal istilah offside. Jadi jika ada seorang pemain dari tim lawan yang menunggu bola terlalu dekat ke arah kiper maka sah-sah saja.
Beberapa contoh lemparan throw in bisa kita simak di bawah ini:
Perhatikan kaki pemain tidak boleh melewati garis pada saat melakukan lemparan throw in.
Salah satu pemain melakukan throw in dalam sebuah laga di sore hari.



Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website, | Powered by Blogger