News Update :
Home » » Arti Divisi Dua di Liga Sepakbola

Arti Divisi Dua di Liga Sepakbola

Logo liga championship Inggris yang menjadi liga divisi 2. Logo ini kadang bisa sedikit berubah tergantung sponsorship. Klub yang menjadi juara 2 besar di liga championship otomatis akan naik peringkat bertanding di liga primer Inggris (EPL) tahun depan. Sebaliknya klub yang berada di urutan 3 terbawah di EPL akan diturunkan berlaga di kompetisi championship di musim depan.
Setelah divisi 1, di bawahnya adalah divisi 2 (2nd division). Jadi boleh dikatakan bahwa divisi dua merupakan kompetisi sepakbola yang berisi klub-klub yang hendak mencari peringkat terbaik guna masuk ke divisi 1. Karena mereka tidak mencapai target otomatis tidak akan pernah naik ke divisi 1 (liga utama). Meski demikian setiap negara atau kawasan memiliki aturannya masing-masing soal kompetisi liga sepakbola.


Beberapa kompetisi liga divisi dua yang kita kenal antara lain:
  • Liga Championship Inggris (England Championship)
  • Liga Itali B (Italy Serie-B)
  • Liga Spanyol Segunda (Spain Segunda Division)
  • Liga Prancis 2 (French Ligue 2)
  • Liga Jerman 2 (Germany Bundesliga II)
  • dsb..
Sekali lagi, setiap negara bisa memiliki aturan yang berbeda soal kompetisi liga divisi 1, 2 dan 3 ini. Bahkan tidak semua negara memiliki banyak kompetisi sepakbola. Tergantung kepada kemajuan sepakbola di negara tersebut, jumlah klub yang ada, luasnya wilayah dan tentunya sponsorship. Beruntung karena Indonesia memiliki banyak klub sepakbola sehingga memungkinkan adalanya beberapa liga atau divisi. Malangnya, sepakbola Indonesia masih salah urus bahkan cenderung dimanfaatkan segelintir orang untuk kekayaan pribadi (korupsi) dan kelompok (politik).

Mengapa Klub Divisi 2 Mengincar Divisi 1?

Klub yang bertanding di divisi 2 pasti berharap menjadi juara. Karena 2 klub yang menjadi juara di divisi 2 otomatis di musim tahun depan naik peringkat bermain di laga divisi 1. Sedangkan klub-klub yang menduduki ranking 3 paling rendah di divisi 1, akan ditendang keluar sehingga bermain di divisi 2 di tahun depan. Bagi 3 klub paling rendah di divisi 2 akan diturunkan bermain di divisi 3. Begitu seterusnya sistem ini menyeleksi.

Semakin tinggi kompetisi divisi yang dimainkan maka semakin bergengsi klub tersebut. Otomatis bayaran semakin besar baik bagi pemain, manajer, anggota offisial, dsb. Anda mungkin perlu membaca tentang topik degradasi di sini untuk lebih memahami soal kompetisi divisi ini.




Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website, | Powered by Blogger