This is our games, we are all fans. Gunakan prediksi yang kami tampilkan hanya sebagai bahan pembanding. Semoga keberuntungan bersama kita semua.

Kamis, 18 April 2013

Arti Divisi Dua di Liga Sepakbola

Logo liga championship Inggris yang menjadi liga divisi 2. Logo bisa berubah tergantung sponsorship. Klub yang menjadi juara di liga championship otomatis akan naik berlaga di liga divisi utama (EPL) tahun depan. Sebaliknya klub yang berada di urutan 3 terbawah di EPL akan diturunkan berlaga di kompetisi championship ini di musim depan.
Berikutnya setelah divisi satu, di bawahnya adalah divisi 2 (2nd division). Boleh dikatakan bahwa divisi dua ini merupakan kompetisi antar klub yang memperebutkan tiket ke jenjang divisi utama. Yang berhak naik ke divisi utama adalah juara di divisi dua ini. Meski demikian tiap negara mungkin punya sistem yang sedikit berbeda.

Divisi dua juga ramai ditonton orang dan kadang juga disiarkan di saluran televisi lokal. Pertandingannya juga seru karena beberapa klub adalah klub yang pernah juara di divisi utama atau pernah berlaga di divisi utama. Selain itu para penjudi sepakbola juga senang memainkan laga-laga di divisi dua ini. Pasaran bola untuk divisi dua ini juga selalu dibuka karena masih merupakan laga kompetisi profesional.


Beberapa kompetisi divisi dua yang kita kenal antara lain:
  • Liga Championship Inggris (England Championship)
  • Liga Italia B (Italy Serie-B)
  • Liga Spanyol Segunda (Spain Segunda Division)
  • Liga Prancis 2 (France Ligue 2)
  • Liga Jerman 2 (Germany Bundesliga II)
  • Liga Belanda 2 (Holland Eerste Divisie)
  • dsb..
Sekali lagi, setiap negara bisa memiliki aturan yang berbeda soal kompetisi liga divisi 1, 2 dan 3 ini. Dan tidak semua negara memiliki jenjang divisi karena sangat tergantung kepada kemajuan sepakbola negara tersebut dan jumlah klub yang ada. Sebenarnya Indonesia termasuk negara yang cukup beruntung. Wilayahnya yang luas serta setiap provinsi atau kota selalu memiliki klub sepakbolanya, otomatis bisa dirancang memiliki kompetisi ideal seperti di benua eropa. Bahkan Indonesia termasuk negara yang memiliki liga terbaik di kawasan ASEAN. Tak heran banyak pemain asing di klub-klub ternama di negara-negara ASEAN ingin sekali berkarir sepakbola di Indonesia. Karena memang Indonesia memiliki masa depan kompetisi yang sangat bagus dan ideal jika dikelola secara profesional. Sayangnya kepengurusan sepakbola Indonesia masih kacau dan banyak gaji pemain belum dibayar. Apalagi kalau bukan kasus korupsi dan sepakbola dijadikan ajang politik.
 
Mengapa Klub Divisi 2 Mengincar Divisi 1?

Klub yang bertanding di divisi 2 pasti berharap menjadi juara. Jika menjadi juara otomatis ikut masuk berlaga di kompetisi divisi utama. Semakin tinggi divisinya, semakin besar hadiahnya. Yang sukses menjadi juara di divisi utama, otomatis akan ikut berlaga di kompetisi champions, dst. Kalau sudah berlaga di kompetisi champion otomatis hadiahnya semakin besar. Kurang lebih seperti itu. Yang gagal di divisi 2 pasti akan turun ke divisi 3, dst. Apakah ada divisi 4, 5, 6 atau 7? Kemungkinan sih tidak ada dan hanya sampai divisi 3 saja. Laga-laga di luar ketiga divisi ini mungkin disebut laga lokal.

Sistem yang menyeleksi klub di tiga divisi (utama, 2 dan 3) sering disebut sistem degradasi atau promosi. Ada aturannya tersendiri. Silakan merujuk pada pembahasan atau materi di sini.

Semoga bermanfaat!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Website bola ini didesign oleh Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes