This is our game, we are all fans. Jadikan prediksi ini hanya sebagai bahan pertimbangan. Good luck!

Jumat, 22 Maret 2013

Tendangan Bebas (Free Kick) Sepakbola

Tendangan bebas sering diberikan ketika terjadi pelanggaran.
Selain tendangan pembuka (kick off), dalam dunia sepakbola juga dikenal istilah "tendangan bebas" alias "free kick". Lalu apa arti atau maksud dari tendangan bebas ini? Bagaimana dan kapan dilakukan? Bisakah mencetak gol? Berikut kami jelaskan secara sederhana.

Tendangan bebas adalah tendangan yang diperoleh ketika tim lawan melakukan sebuah pelanggaran. Jadi sebagai hadiahnya diganjar tendangan bebas ini. Kalau jaraknya terlalu jauh biasanya tendanganya tidak melambung atau cuma sekadar dioper ringan ke kawan lalu dibawa mendekati gawang lawan. Namun jika jaraknya begitu dekat dengan gawang, bisa juga ditendang secara keras dan langsung ngegol. Beberapa pemain kaliber dunia yang sering mencetak gol dari free kick ini antara lain: Michel Platini, David Beckham, Roberto Carlos, Alessandro Del Piero, Francesco Totti, Cristiano Ronaldo (CR7), Robin van Persie, Fernando Torres, Wayne Rooney, Lionel Messi, dsb.

Tendangan bebas berbeda dengan tendangan penalti. Namun jika pelanggaran itu terjadi di daerah kotak penalti, maka tendangan bebas itu menjadi tendangan penalti. Dilakukan pas di titik penalti tanpa boleh dihadang oleh pemain tim lawan. Inilah yang paling ditakutkan oleh masing-masing tim.

Meski bukan tendangan penalti, namun tendangan bebas sangat ditakutkan juga oleh masing-masing tim. Bahkan salah satu gol terbaik dunia dihasilkan lewat tendangan bebas ini. Sang pencetak gol adalah Roberto Carlos dari tim Brasil ketika bertemu Prancis di ajang Piala Dunia 1998 kemarin. Tendangannya melesat mulus hampir sejauh 1/2 lapangan sepakbola. Sungguh ajaib! Videonya bisa disimak di cuplikan Youtube di bawah ini:



Jarak Tendangan Bebas

Tendangan bebas bisa terjadi di titik mana saja selama tidak di kotak penalti. Namun jika terlalu dekat dengan gawang lawan, biasanya dilakukan kurang lebih 9 meter bebas halangan dari tim lawan. Pemain tim lawan hanya boleh berdiri menahan bola kurang lebih 9 meter dan biasanya berjejer kurang lebih 3 hingga 5 orang. Posisi pemain lawan biasanya melipat tangan menutup "anu" nya. Sakit loh kalo bola kena "anu". Lihat foto tampilan di atas biar jelas.

Secara teknis, tendangan bebas ada 2 macam:

1. Langung  ke arah gawang. Tujuannya bikin gol langsung.
2. Dioper ke pemain lain. Posisi menendang sudutnya tidak terlalu bagus.

Kurang lebih itulah penjelasan singkat soal tentang bebas ini. Semoga bermanfaat.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Website bola ini didesign oleh Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes